Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan suatu informasi dengan tujuan pengambilan keputusan yang relevan bagi pihak ektern maupun pihak dari luar perusahaan.  
Karakteristik Sistem Informasi Akuntansi yang membedakannya dengan subsistem CBIS lainnya :
- SIA melakasanakan tugas yang      diperlukan
 - Berpegang pada prosedur yang      relatif standar
 - Menangani data terperinci
 - Berfokus historis
 - Menyediakan informasi untuk      pemecahan masalah minimal
 
Fungsi penting yang dibentuk Sistem Informasi Akuntansi pada sebuah organisasi antara lain :
- Mengumpulkan dan menyimpan data      tentang aktivitas dan transaksi.
 - Memproses suatu data menjadi      sebuah informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
 - Melakukan kontrol secara tepat      terhadap keorganisasian.
 
Sistem Informasi Akuntansi terdiri dari 3 subsistem:
- Sistem pemrosesan transaksi,      mendukung proses operasi bisnis harian.
 - Sistem buku besar/pelaporan      keuangan, menghasilkan laporan keuangan, seperti laporan laba/rugi,      neraca, arus kas, pengembalian pajak.
 - Sistem pelaporan manajemen,      yang menyediakan pihak manajemen internal berbagai laporan keuangan bertujuan      khusus serta informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan,      seperti anggaran, laporan kinerja, serta laporan pertanggungjawaban.
 
Berbagai transaksi non keuangan yang tidak bisa diproses oleh Sistem Informasi Akuntansi biasa, diproses oleh Sistem Informasi Manajemen. Adapun perbedaan keduanya adalah :
- SIA mengumpulkan      mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi      keuangan 
 - SIM mengumpulkan      mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan semua      tipe informasi
 
Sebuah Sistem Informasi Akuntansi menambah nilai dengan cara, sebagai berikut :
- Menyediakan informasi yang cepat      dan akurat sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value chain      secara efektif dan efisien.
 - Meningkatkan kualitas dan      mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
 - Meningkatkan kemampuan dalam      pengambilan keputusan
 - Meningkatkan sharing      knowledge
 - Menambah efisiensi kerja pada      bagian keuangan
 
2 komponen Sistem Informasi Akuntansi antara lain :
- Spesialis Informasi
 - Akuntan
 
Sumber :
http://p3m.amikom.ac.id
http://repository.usu.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar