Sabtu, 27 Februari 2010

Faktor dalam Perkembangan Kepribadian

Perkembangan Kepribadian manusia dipengaruhi oleh empat faktor, dimana keempat faktor tersebut saling mendukung, faktor-faktor itu antara lain :
a. Warisan biologis atau keturunan
Warisan atau bawaan biologis merupakan bahan mentah kepribadian dan bahan mentah ini dapat dibentuk dalam berbagai cara, seperti jika kita hendak membangun sebuah rumah bata, rumah itu tidak dapat dibangun dari batu atau bambu, tetapi dari setumpuk bata.
Setiap manusia mempunyai warisan biologis yang unik, manusia memiliki warisan biologis yang berbeda-beda antara makhluk yang satu dengan yang lain. Tidak ada manusia yang mempunyai karakteristik yang sama persis sekalipun anak kembar. Perbedaan individual dalam kemampuan, prestasi, dan perilaku hampir semuanya berhubungan dengan lingkungan dan perbedaan individu dalam warisan biologis tidaklah begitu terikat. Misalnya seorang Ayah dan Ibu, mereka tantu saja mempunyai karakteristik yang berbeda dan mempunyai anak dengan karakteristik yangbeda juga bisa saja perpaduan karakteristik ayah dan ibunya.

b. Warisan lingkungan alam
Perbedaan iklim, topografi dan sumber daya alam menyebabkan manusia harus menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan alam. Dengan proses penyesuaian diri tersebut, dengan sendirinya akan mempengaruhi kebudayaan yang terbentuk. Manusia menciptakan kebudayaan sebagai sebuah sarana memenuhi kebutuhannya dan lingkungan alam merupakan tempat bagi manusia untuk memenuhi kebutuhannya.

c. Warisan kebudayaan
Setiap masyarakat akan memberikan pengalaman tertentu yang tidak dialami dan diberikan oleh masyarakat lain kepada anggotanya, sehingga setiap masyarakat mengembangkan satu atau lebih jenis kepribadian yang cocok dengan kebudayaannya.

d. Kelompok manusia
Berikut ini adalah ciri-ciri kelompok manusia sesuai kelompoknya berdasarkan pendakian hidup :

Climbers :

1. Memiliki semangat untuk terus “mendaki.
2. Berpikir dalam bentuk manfaat jangka panjang
3. Menyambut tantangan secara positif, memotivasi diri, memiliki semangat tinggi, berjuang mendapatkan yang terbaik dalam hidup, cenderung membuat segala sesuatu terwujud
4. Dapat menerima kritik dan risiko menyakitkan serta tidak menyalahkan orang lain, tidak mengeluh dan tidak mudah putus asa
5. Menyambut baik setiap perubahan, bahkan ikut mendorong setiap perubahan tersebut ke arah yang positif
6. Mengatasi kesulitan dengan keberanian dan disiplin
7. Memberikan kontribusi yang besar, karena bisa mewujudkan potensi yang ada pada dirinya
8. Tidak asing dengan situasi yang sulit karena kesulitan merupakan bagian dari hidup
9. Selalu memperbaiki diri ke arah yang lebih baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar