Senin, 29 November 2010

Desain input pada Sistem Informasi Akuntansi Persediaan dengan menggunakan MYOB

Desain Input pada Sistem Informasi Akuntansi Persediaan

Desain input akuntansi persediaan dimulai dari pembuatan formulir dan pengkodean terhadap persediaan yang dimiliki oleh perusahaan. Formulir yang digunakan dalam desain sistem adalah formulir elektronik. Formulir elektronik sangat efisien dalam penggunaannya dan telah disediakan oleh program MYOB. Pemberian kode pada persediaan bertujuan untuk memudahkan dalam penginputan data ke sistem komputer. Kode rekening harus didesain agar setiap persediaan memiliki nomor yang unik dan berbeda satu dengan lainnya serta mampu mengantisipasi adanya kemungkinan penambahan jenis persediaan di kemudian hari. Proses penginputan persediaan pada formulir elektronik yang telah disediakan oleh program MYOB akan semakin mudah, cepat, dan akurat dengan adanya pengkodean.

Desain input dengan menggunakan MYOB terdiri atas beberapa jenis input, yaitu sebagai berikut :

· Desain input dalam pembuatan chart of account perusahaan Desain input chart of account digunakan untuk memasukkan kode rekening neraca.

· Desain input data persediaan

Desain input data persediaan digunakan untuk memasukkan data-data yang berkaitan dengan persediaan, nama persediaan, jumlah item, harga beli, batas stok minimum, dan nama pemasok.

· Desain input transaksi

Desain input transaksi digunakan untuk memasukkan transaksi transaksi yang berkaitan dengan persediaan, seperti pembelian persediaan atau pengeluaran barang dari gudang.



Sumber : http://ejournal.unud.ac.id/abstrak/sari%20w(1).pdf


Tidak ada komentar:

Posting Komentar