Senin, 29 November 2010

Desain sistem dan Prosedur pada Sistem Informasi Akuntansi Persediaan

Untuk memulai perancangan system informasi akuntansi persediaan dengan menggunakan program MYOB, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menginstal program MYOB ke dalam computer perusahaan. Setelah komputer dan system akuntansi diaktifkan, maka program MYOB dapat dijalankan. Pertama kali program MYOB diaktifkan maka akan muncul sebuah jendela start-up, yaitu icon untuk memulai mengaktifkan program MYOB.

Pada jendela start-up tersebut terdapat sejumlah option. Untuk memulai mendesain system informasi akuntansi persediaan dapat diawali dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Pilih sebuah template bagan akun dan aktifkan data MYOB menyediakan lebih dari 100 templates bagan akun berbagai jenis perusahaan, dan dapat dimodifikasi berdasarkan kebutuhan perusahaan. Langkah ini dilakukan melalui beberapa prosedur yang dilakukan secara bertahap, yaitu aktifkan program aplikasi MYOB dan lanjutkan dengan proses pembuatan file data dengan memasukkan data perusahaan. Data yang dimasukkan akan muncul secara otomatis pada dokumen-dokumen yang dicetak. Proses selanjutnya adalah pembuatan desain sistem informasi akuntansi persediaan sesuai dengan jenis usaha yang dimiliki perusahaan, yaitu bidang Construction Company/Building Contractor. Semua metode pencatatan akan langsung disesuaikan dengan jenis usaha yang terinput dalam sistem.

2. Tentukan preferensi system Pada tahap ini pengguna dapat menyesuaikan program MYOB yang digunakan dengan apa yang diinginkan oleh manajemen sehingga nantinya dapat dihasilkan informasi yang benar-benar dibutuhkan pengguna. Beberapa masalah yang dihadapi manajemen dapat diatasi dengan pengaturan preferensi program MYOB. Ada beberapa preferensi sistem, yaitu sebagai berikut :

· Preferensi digunakan untuk meng-up date setiap laporan dan daftar yang ada pada program MYOB setiap kali terdapat penginputan data baru. MYOB menggunakan pengolahan data secara langsung atau otomatis pada saat data tersebut diinput ke dalam komputer.

· Preferensi digunakan untuk memberikan tanda pengingat setiap hal yang perlu dilakukan pada saat membuka MYOB. Contohnya jika pada saat ini terdapat tagihan yang jatuh tempo, maka MYOB secara otomatis akan mengingatkannya pada saat pertama kali diaktifkan.

· Preferensi digunakan untuk melakukan perhitungan umur utang berdasarkan jumlah jatuh temponya untuk setiap periode.

3. Tinjau dan modifikasi bagan akun (chart of account) Bagan akun yang ditampilkan pada program MYOB merupakan suatu bagan akun yang standart, maka bagan akun ini harus dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan.



Sumber : http://ejournal.unud.ac.id/abstrak/sari%20w(1).pdf


Tidak ada komentar:

Posting Komentar