Selasa, 01 Mei 2012

Kesenian Indonesia di Tingkat Internasional


Bidang Seni Pertunjukan
1. Wayang kulit dipentaskan di Amerika Serikat dengan dalang Ki Manteb Soedarsono dan Ki Anom Soeroto. Pertunjukan ini mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari masyarakat disana. Dan banyak orang barat yang tertarik untuk belajar menjadi dalang wayang kulit.
2. Sendratari Ramayana tampil di India. Tim kesenian Bali ikut ambil bagian dalam memeriahkan festival kebudayaan internasional di India.
3. Kesenian Jaipong mengikuti festival Internasional Babylon di Irak. Para duta seni dari seni Indonesia ini mampu membuat ribuan penonton di Teater Babylon terkesima.
4. Atas undangan KBRI,tim kesenian Bali pentas di Peru dan Chili. Duta seni Indonesia ini menampilkan tari tradisional Aceh dan Sulawesi.
5. Musik campursari karya Didi Kempot sangat popular di Suriname.

Bidang Seni Suara
1. Tiga Diva Indonesia yaitu Krisdayanti, Titi Dwijayati dan Ruth Sahanaya, berhasil menyedot puluhan ribu penonton di Malaysia pada pertunjukan tahun 2007.
2. Titi Puspa pernah meraih penghargaan Bronze Prize lewat festival internasional di Los Angeles, Amerika Serikat tahun 1994.
3. Edo Kondolongit, seorang penyanyi pernah berhasil meraih penghargaan internasional dalam festival di Rumania dan Kazakstan.

Bidang Film
1. Film dengan judul “Puisi Tak Terkuburkan” mendapat penghargaan dalam festival film internasional di Locano tahun 2000.
2. Film dengan judul “Daun di Atas Bantal” mendapat penghargaan dalam festival film internasional di Tokyo, Jepang tahun 1998.
3. Film dengan judul “Bulan Tertusuk Ilalang” mendapatkan penghargaan dalam festival film internasional di Berlin, Jerman tahun 1996.

3 komentar:

  1. Terima kasih, artikel yg saya butuhkan ketemu disini

    sekalian nitip link bolehkan?

    Video Hijab Tutorial 2015

    BalasHapus
  2. wah berguna sekali , bu guru saya mendapat pertanyaan dari blog ini , thank you ya :)

    BalasHapus
  3. woow info yang sangat bermanfaat mau tau info lainnya silahkan Klik disini

    BalasHapus