Selasa, 01 Mei 2012

Pengaruh Globalisasi dalam Berbagai Bidang Kehidupan


Bidang-bidang yang dipengaruhi globalisasi antara lain :
a. Politik
Kehidupan politik di berbagai Negara hamper sama dan serupa. Paham demokrasi dianut oleh berbagai Negara didunia. Kekuasaan legislative, eksekutif, yudikatif dipraktikan di Negara-negara seperti Amerika Serikat, Indonesia, dan Prancis.
b. Ekonomi
Globalisasi sangat mempengaruhi perdagangan ekonomi. Contoh pemilik modal dari Jepang atau Jerman mendirikan pabrik dan memasarkannya di Amerika atau sebaliknya, karena untuk menambah penghasilan dan memenuhi kebutuhan konsumennya.
c. Budaya
Salah satu wujud pengaruh globalisasi di bidang budaya adalah musik rock. Kaum muda dari berbagai Negara berusaha mempelajari dan memainkan musik rock. Dari musik rock tersebut muncullah gaya rambut, gaya berpakaian serta gaya hidup.
d. Komunikasi
Kemajuan teknologi dibidang komunikasi menjadikan dunia ini seolah tanpa batas wilayah. Sebagai contoh seseorang dapat dengan mudah berbicara lewat telepon dengan orang lain yang berada sangat jauh. Contoh lainnya seseorang dapat menyaksikan berbagai peristiwa yang terjadi di Negara lain tanpa perbedaan waktu.
e. Transportasi
Transportasi lebih memadai, adanya pesawat terbang membuat jarak antar Negara dan antar pulau semakin dekat, tidak seperti zaman dahulu yang membutuhkan waktu perjalanan lama untuk menempuh tempat yang jauh.
f. Sosial
organisasi social dari berbagai Negara untuk saling membantu satu sama lain dan dengan organisasi social tersebut, antar Negara dapat menjalin hubungan yang baik.

Sumber : Ringkasan buku PKn, Yudistira 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar