Senin, 03 Januari 2011

Jamur Indian untuk Kanker

Sejumlah spesies jamur yang biasa dikonsumsi masyarakat suku Indian di Amerika terbukti dapat digunakan untuk terapi menghilangkan rasa sakit pada pasien penyakit kanker stadium lanjut.


Tanaman jamur tersebut bila dikonsumsi membuat perasaan tenang, rasa sakit berkurang, dan memberi efek halusinasi. Para ahli saraf dan psikiater telah menguji tanaman jamur ajaib tersebut. Tidak ketinggalan pula Food Drug Administration (Badan Obat dan Makanan) Amerika Serikat telah merekomendasikan penelitian terhadap spesies jamur tersebut.


Seperti ditulis Reuters, Sabtu (17/7), sedikitnya satu tim peneliti yang terdiri atas jumlah dokter dari berbagai spesies melakukan uji coba tanaman jamur Indian yang telah di kemas menjadi kapsul, kepada 50 relawan yang semuanya pasien kanker stadium lanjut. Sebanyak 36 kali tes selama dua bulan, tim peneliti menguji manfaat jamur ajaib itu pada relawan. Menurut Ronald Grifiths, profesor bidang ilmu kesehatan jiwa dan tingkah laku dari John Hopkins University Baltimore, sekitar 60% relawan yang diuji merasakan ketenangan.


Hal sama juga dikatakan oleh Dr Charles Grob dari Pusat Pelayanan Kesehatan Hyarbor-UCLA di Torance, California. Hasil penelitiannya menunjukkan, tanaman jamur tersebut mengandung zat psilocybin. Zat tersebut adalah zat nontoksik yang tidak menyebabkan kondisi adiktif.


Zat tersebut bertindak sebagai zat kimia yang membawa pesan kepada serotonin atau sel otak yang amat berkaitan dengan perasaan.


Sumber : Media Indonesia, 19 Juli 2006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar