Minggu, 25 Maret 2012

INTERAKSI SOSIAL DALAM HUBUNGAN BERMASYARAKAT

Definisi Interaksi Sosial

Merupakan hubungan sosial antar manusia yang dinamis. Manusia sebagai makhluk social, saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya, saling membutuhkan, dan saling bekerja sama guna menjalin kehidupan yang baik.

Bentuk-bentuk Interaksi Sosial

Bentuk-bentuk interaksi sosial yang berkaitan dengan proses asosiatif dapat terbagi atas bentuk kerja sama, akomodasi, dan asimilasi.

Ø Kerja sama merupakan suatu usaha bersama antar individu untuk mencapai suatu tujuan.

Ø Akomodasi dapat diartikan sebagai suatu keadaan dimana terjadi keseimbangan dalam interaksi antara individu atau kelompok manusia yang berkaitan dengan norma dan nilai-nilai sosial yang berlaku dalam masyarakat. Usaha-usaha itu dilakukan untuk mencapai suatu kestabilan.

Ø Asimilasi merupakan suatu proses di mana pihak-pihak yang berinteraksi mengidentifikasikan dirinya dengan kepentingan-kepentingan serta tujuan-tujuan kelompok.

Bentuk – Bentuk interaksi yang mendorong terjadinya lembaga atau kelompok atau organisasi sosial .

1. Bentuk Interaksi Sosial Menurut Jumlah Pelakunya .

· Interaksi antara individu dan individu

· Interaksi antara individu dan kelompok

· Interaksi antara Kelompok dan Kelompok

2. Bentuk Interaksi Sosial Menurut Proses Terjadinya .

· Imitasi adalah pembentukan nilai dengan meniru cara-cara orang lain berprilaku. Contoh : Seorang anak sering kali meniru kebiasan orang tuanya

· Identifikasi adalah menirukan dirinya menjadi sama dengan orang yang ditirunya. Contoh : Seorang anak laki–laki yang begitu akrab dengan ayahnya suka mengidentifikasikan dirinya menjadi sama dengan ayahnya .

· Sugesti adalah kekuatan atau kemampuan mempengaruhi pikiran seseorang. Contoh : terharu dan meneteskan air mata pada saat menonton drama, itu menandakan penonton telah tersugesti.

· Motivasi adalah keadaan dalam diri individu yang memunculkan, mengarahkan, dan mempertahankan perilaku. Contoh : motivasi seseorang dalam berprestasi, menjadikan seseorang semangat dalam belajarnya.

· Simpati adalah proses seseorang yang dapat merasakan apa yang dialami, dilakukan dan diderita orang lain. Contoh : Saya mengerti perasaan anda

· Empati adalah pendalaman dari rasa simpati yang mampu mempengaruhi pada kondisi fisik dan mental seseorang. Contoh : saya merasakan apa yang anda rasakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar