Sabtu, 24 Maret 2012

Mengenal sedikit Ilmu Budaya Dasar

Ilmu budaya dasar merupakan ilmu pengetahuan tentang konsep-konsep yang mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaannya. Ilmu ini di gunakan manusia sebagai pengetahuan dasar mengenai kebudayaan yang akan di terapkannya dalam kehidupan sehari-hari, yang meliputi kehidupan baik secara individual, keluarga, maupun pergaulan dalam kehidupannya yang bermasyarakat. Dengan manusia yang menyikapi penerapan budaya dasar dengan baik dalam kehidupannya sehari-hari akan membuatnya memahami berbagai aturan-aturan, norma-norma yang baik agar terciptanya suatu hubungan yang baik dalam bermasyarakat.

Kebudayaan dalam bermasyarakat merupakan suatu peradaban setiap manusia yang menjalani kehidupannya sebagai masyarakat suatu bangsa, yang dimana setiap manusia memiliki pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat istiadat (kebiasaan), dll yang harus dijaga nilai-nilainya. Maka dengan hal tersebut ilmu budaya dasar diterapkan dalam kehidupan manusia guna membuat kebudayaan yang baik dalam lingkungan.

Informasi dengan Ilmu Kebudayaan

Informasi dan Budaya mencakup aspek-aspek nilai sikap dan perilaku yang dapat mempengaruhi orang-orang, yang memperkenalkan mereka dengan beberapa informasi kebudayaan lingkungan yang lain. Tidak semua budaya informasi dapat berdampak positif, banyak kebudayaan yang berdampak negative dan membuat orang-orang melakukan kebiasaan buruk dengan kebudayaan negative tersebut.

Globalisasi pada hakikatnya ternyata telah membawa nuansa budaya dan nilai yang mempengaruhi selera dan gaya hidup masyarakat. Melalui media yang kian terbuka dan terjangkau, masyarakat menerima berbagai informasi tentang peradaban baru yang datang dari seluruh penjuru dunia. Sebagai contoh masalah pornografi, dimana pada saat ini wanita-wanita Indonesia telah terpengaruh oleh trend mode dari Amerika dan Eropa yang dalam berbusana cenderung minim mengumbar aurat, yang menimbulkan kejahatan, free sex dikalangan masyarakat remaja, dll. Tentunya hal ini sangat bertentangan dengan norma yang ada di Indonesia.

Pengaruh positif dari informasi bagi perkembangan budaya yaitu pengetahuan budaya seperti mengenal bagaimana penerapan suatu kebudayaan dalam hubungan masyarakat, memamerkan kebudayaan setiap Negara, hubungan baik antar Negara, dll, bukan dengan mengikuti kebudayaan asing yang tidak baik.

1 komentar: