Minggu, 25 Maret 2012

Manusia dan Kebudayaan

Manusia merupakan makhluk social yang saling berinteraksi satu sama lain. Dan dalam menjalani kehidupannya yang bermasyarakat, manusia harus menerapkan kebudayaan.

Kebudayaan yang dimiliki manusia, tergantung dari dimana ia tinggal dan bagaimana ia menerapkan kebudayaan tersebut dalam kehidupannya sehari-hari.

Kebudayaan dalam peradaban, manusia menjalani kehidupannya sebagai masyarakat yang berbangsa dan bernegara, memiliki pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat istiadat (kebiasaan).

Kebudayaan tersebut harus di jaga dan di lestarikan agar kebudayaan yang mereka punya tidak hilang ditelan oleh zaman saat ini. Untuk itu manusia mengajari dan memperkenalkan kepada garis keturunan mereka tentang kebudayaan yang mereka miliki.

Pada dasarnya manusia tercipta dengan di bekali akal dan pikiran yang dapat digunakannya sebaik mungkin. Dengan hal tersebut manusia mampu melahirkan berbagai macam kebudayaan, seperti tarian, kesenian, dll. Setiap Suku Bangsa dan Negara memiliki budaya yang berbeda-beda. Dan budaya tersebut harus di jaga kelestariannya oleh masing-masing suku bangsa maupun Negara.

Menurut C.kluckhohn di dalam karyanya berjudul Universal categories of Culture ada 7 unsur kebudayaan universal:

1. Sistem religi

Manusia memiliki kecerdasan pikiran dan perasaan luhur, tanggap bahwa diatas kekuatan dirinya terdapat kekuatan lain yang maha besar. Karena itu manusia takut dan menyembahnya lalu tumbuh kepercayaan yang sekarang menjadi Agama.

2. Sistem organisasi kemasyarakatan

Manusia saling bekerja sama untuk mensejahterakan hidupnya.

3. Sistem pengetahuan

Kemampuan manusia mengingat-ingat apa yang telah diketahui kemudia disampaikan kepada oranglain.

4. Sistem ekonomi

Manusia meningkatkan ekonominya.

5. Sistem teknologi dan peralatan

Manusia dengan alat ciptaannya mampu mencukupi kebutuhan hidupnya

6. Bahasa
Bahasa pada mulanya diwujudkan dalam bentuk kode yang kemudian disempurnakan dalam bentuk bahasa lisan

7. Kesenian
Manusia bukan hanya memenuhi kebutuhan perut saja namun juga perlu melihat keindahan, suara merdu, dll dan itu dapat di wujudkan melalui kesenian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar